Sunday, June 8, 2008

blt (2)

waktu nulis postingan tentang jaminan sosial pendidikan dan kesehatan (sebar uang dan blt), sebenernya asal nulis aja. Ternyata, ada teori ekonomi-nya :D.
Disebut 'redistribusi aset'. Terdengar radikal? sebenernya nggak juga (baru tahu juga :D). dari artikel di kompas hari ini, disebut bahwa untuk mengatasi kemiskinan, yg diperlukan adalah redistribusi aset. Aset tersebut bisa berupa aset fisik (ini yg biasa disebutkan dan terkesan radikal), yaitu: tanah, modal, dll, serta aset non fisik, yaitu: pendidikan, kesehatan, akses lap. kerja, dll.
Hal ini sepertinya sejalan dengan konsep mengatasi kemiskinan struktural, yg disebut dengan memberikan akses ekonomi kepada orang miskin.
Dengan adanya permasalahan2 pada pelaksanaan blt, secara konseptual maupun pada taraf aplikasi, kayaknya redistribusi aset akan lebih tepat dalam mengatasi kemiskinan dalam jangka pendek.
Karena redistribusi aset fisik akan mengalami tantangan yg besar, maka untuk jangka pendek mungkin bisa dilaksanakan redistribusi aset non fisik, berupa jaminan sosial pendidikan dan kesehatan.
Dengan adanya jaminan kesehatan dan pendidikan ini, seluruh masyarakat dijamin kebutuhan dasarnya.
(susah nulis tulisan serius :D)

1 comment:

Tera said...

gaya areke...:p